Air Ketuban Pecah Seperti Apa Tandanya

Air Ketuban Pecah Saat kini saatnya untuk bayi lahir ke dunia, kantung ketuban akan dan keluar lewat vagina. Keadaan ini diberi nama . Umumnya wanita alami pecah saat persalinan, tetapi ada pula yang merasakannya saat sebelum persalinan. Pada keadaan tertentu, dokter atau bidan kemungkinan lakukan perpecahan kantong ketuban (amniotomi) untuk mengawali atau percepat persalinan

Bermacam Tanda
Tidak seluruhnya ibu hamil rasakan hal sama saat alami air . Tetapi pada dasarnya, pecahnya air ketuban dapat memberi kesan basah pada vagina atau perineum, yakni tempat antara liang vagina dan anus. Air Ketuban Pecah
Di bawah ini ialah beberapa tanda pecahnya air ketuban yang dapat dirasa ibu hamil:
1. Air ketuban yang menetes
Beberapa ibu hamil keluarkan air ketuban dikit demi sedikit atau menetes. Tetes air ketuban yang keluar dari vagina berasa hangat dan turun ke kaki. Ada pula yang menggambarkan pecahnya air ketuban seperti keringat yang menetes.
Merembesnya air saat ini seringkali membuat celana atau rok yang dikenai oleh ibu hamil mendadak basah.
2. Berasa seakan ada letupan
Saat air ketubannya , beberapa ibu hamil rasakan kesan letupan, yaitu seakan ada yang mengetok kantung , selanjutnya , lalu airnya menyemburkan.
3. Air ketuban mengalir
Beberapa ibu hamil alami seperti episode di beberapa film, yaitu air yang mengalir deras dan membasahi lantai. Pecahnya air ketuban seperti ini sering menggugah ibu hamil yang sedang tertidur.
4. Pecahnya air ketuban dibarengi kontraksi
biasanya terjadi mendekati persalinan. Ini dapat dirasa bertepatan dengan pertanda persalinan lain, seperti kontraksi yang lama-lama semakin kuat dan keluarnya lendir dibarengi darah dari vagina.
5. Tidak berasa apa-apa
Pecahnya air ketuban kadang tidak diakui oleh beberapa ibu hamil. Ada yang tidak mengenalinya sebab sudah memperoleh bius epidural, dan ada pula yang memang sungguh tidak mengenalinya. Mengakibatkan, mereka masih melakukan aktivitas seperti umumnya.
Berapa jumlahnya air ketuban yang keluar berbeda pada setiap wanita hamil. Tetapi sampai akhir kehamilan, air ketuban yang keluar umumnya ialah seputar 600-800 ml.