Makanan yang Mengandung Gas dan Tips Mengonsumsinya

Makanan yang Mengandung Gas yang dibuat dapat berbentuk hidrogen, karbon dioksida, dan metana. Sedang berbau tidak lezat berawal dari senyawa yang memiliki kandungan belerang.

Tipe Makanan yang Memiliki kandungan Gas
Beberapa macam makanan yang bisa hasilkan kelebihan gas pada aliran pencernaan ialah: Makanan yang Mengandung

1. Makanan memiliki serat tinggi
Kandung serat tinggi biasanya ada pada buah-buahan, kacang, dan sayur. Beberapa macam makanan memiliki serat tinggi yang dapat memunculkan gas diantaranya brokoli, bawang, kol, kubis, kembang kol, lobak, sawi, seledri, ubi, kacang-kacangan, mangga, apel, pir, jeruk, dan semangka.
2. Susu dan produk buatannya
Susu dan produk buatannya bisa memunculkan merasa tidak nyaman pada pencernaan. Ini sebab susu, keju, cream, dan es cream memiliki kandungan laktosa, yakni gula yang bisa tingkatkan produksi gas. Keluh kesah ini makin lebih kronis bila dirasa oleh orang yang mempunyai intoleransi laktosa.
3. Gandum utuh
Kecuali memiliki kandungan mineral dan vitamin, gandum memiliki kandungan serat tinggi dan rafinosa. Serat tinggi dan rafinosa ini bisa mengakibatkan terciptanya gas berlebihan di aliran cerna.
Beberapa bijian utuh yang lain, seperti jelai (barley), quinoa, dan flaxseed, dapat mengakibatkan gas berlebihan bila dimakan kebanyakan.

Minuman berkarbonasi dibikin lewat cara masukkan karbon dioksida, hingga hasilkan buih (soda). Minuman bersoda yang dipasarkan di pasar umumnya memiliki kandungan sorbitol dan fruktosa yang ikut memunculkan kelebihan gas dalam perut.
5. Pemanis bikinan
Banyak makanan bebas gula di pasar yang memiliki kandungan pemanis bikinan, seperti sorbitol dan manitol. Hasil peragian pemanis bikinan itu di usus akan hasilkan kelebihan gas yang membuat perut kembung dan berasa tidak nyaman.
6. Makanan banyak mengandung lemak
Makanan banyak mengandung lemak bisa perlambat pencernaan, hingga makanan semakin lama ada di aliran cerna. Proses pencernaan yang lamban ini membuat produksi gas bertambah. Lemak bukan hanya berawal dari daging hewan, tetapi juga makanan yang dimasak.
Karena hanya makanan ini memiliki kandungan gas, bukan bermakna Anda jangan mengkonsumsinya. Lepas dari kandung gasnya, gizi yang terdapat dalam sayur, buah-buahan, gandum, dan produk susu penting untuk kesehatan badan.