Mungkinkah Tidak Merokok tapi Terkena Kanker Paru

Mungkinkah Tidak Merokok Berikut sejumlah hal yang bisa jadi pemicu dan factor resiko orang yang tidak merokok tetapi terserang kanker paru:

1. Terserang paparan gas radon
Paparan gas radon dijumpai jadi pemicu berlangsungnya kanker paru ke orang yang tidak merokok. Gas radon dengan alamiah ada pada udara dan biasanya tidak mencelakakan. Walau demikian, kandungan atau fokus gas radon dapat bertambah di dalam rumah yang dibuat di atas tanah yang memiliki kandungan pengendapan uranium alam. Mungkinkah Tidak Merokok

Dalam sebuah study, diketemukan jika resiko untuk terserang kanker paru-paru semakin tinggi pada beberapa orang yang tinggal sepanjang tahun di lingkungan yang tercemar gas radon.
2. Sering jadi perokok pasif
Sering mengisap asap rokok seseorang, misalkan karena tinggal serumah dengan perokok aktif atau bekerja di lingkungan perokok, bisa juga mengakibatkan timbulnya kanker paru. Masalahnya asap rokok mempunyai beberapa zat yang memiliki sifat karsinogenik dan dapat menghancurkan jaringan paru.
3. Terserang paparan asbes
Paparan asbes bisa juga tingkatkan resiko seorang terserang kanker paru. Ini sebab serat asbes yang terisap ke badan bisa berada di jaringan paru-paru dalam waktu yang lama. Ini benar-benar beresiko, hingga pemakaian asbes dalam sektor industri telah terbatasi serta dilarang di sejumlah negara.
4. Terkena pencemaran udara
Sudah lama pencemaran udara berperan pada berlangsungnya kanker paru. Bahkan juga organisasi kesehatan dunia (WHO) sudah memutuskan tipe pencemaran udara luar ruang, seperti gas buangan kendaraan, kompor kayu, dan pembangkit listrik tenaga batu bara, sebagai bahan yang memiliki sifat karsinogenik.
5. Ada factor genetika (turunan)
Factor genetik berperanan dalam tingkatkan kesempatan seorang untuk terserang kanker paru. Mempunyai orangtua atau bagian keluarga yang menanggung derita kanker paru bisa tingkatkan resiko Anda menanggung derita kanker paru.
6. Terjadi perubahan gen
Perubahan gen bisa mengakibatkan berlangsungnya perombakan karakter beberapa sel paru jadi garang. Ini adalah pemicu berlangsungnya kanker paru.
Jadi, walau kamu bukan perokok aktif, resiko terserang kanker paru masih ada. Beberapa hal yang disebut sebelumnya adalah beberapa pemicu dan factor resiko berlangsungnya kanker paru ke orang yang tidak merokok.
Sedapat mungkin jauhi beberapa hal itu dan aplikasikan gaya hidup sehat. Anda pun dianjurkan untuk teratur lakukan pengecekan ke dokter untuk mengenali keadaan kesehatan paru-paru Anda.