Orang Tua Perlu Tahu Sabun dan Sampo yang Aman untuk Kulit Bayi

Orang Tua Perlu Tahu Kulit bayi lebih rawan alami ruam, kering, iritasi, dan radang dibandingkan kulit orang dewasa. Karena itu, bayi memerlukan produk perawatan khusus, terhitung sabun dan shampo yang aman untuk kulit bayi.

Sebab masih tipis dan belum berkembang dengan prima, kulit bayi rawan teriritasi dan infeksi jika tidak dibikin bersih secara baik. Karena itu, Bunda jangan asal-asalan dalam bersihkan kulit Sang Kecil. Beberapa produk pencuci kulit yang digunakan jangan asal tentukan. Orang Tua Perlu Tahu

Bunda perlu cermat saat menentukan produk pencuci badan bayi, yakni sabun dan shampo bayi. Bila memakai produk yang kurang pas, sabun dan shampo bayi dapat memunculkan iritasi pada kulitnya.
Di bawah ini ialah panduan yang dapat Bunda aplikasikan saat menentukan sabun dan shampo yang aman untuk bayi:
1. Lihat kandung pada paket
Saat beli sabun, shampo, dan produk perawatan bayi yang lain, Bunda harus pastikan zat apa yang terdapat didalamnya.
Pilih sabun atau shampo yang mengandung bahan warna, pewangi, dan deterjen yang sedikitnya, sebab beberapa bahan itu dapat membuat kulit bayi teriritasi. Disamping itu, pilih sabun dan shampo bayi yang tidak memiliki kandungan:
Produk perawatan kulit memiliki bahan landasan alami biasanya aman untuk bayi. Tetapi bila Bunda, Ayah, atau bagian keluarga lain ada yang mempunyai alergi pada bahan alamiah tertentu, jauhi memakai produk dengan bahan itu tanpa konsultasi dahulu ke dokter. Sebab bisa jadi, Sang Kecil mempunyai alergi pada bahan itu.
3. Aman dari alergi
Pilih produk perawatan bayi yang memiliki label “hypoallergenic” pada paketannya. Itu maknanya produk itu memiliki kandungan zat yang aman untuk kulit bayi dan kemungkinan tidak mengakibatkan alergi.
Walau begitu, tidak bisa disangkal jika setiap bayi mempunyai keadaan kulit yang lain. Memakai produk perawatan bayi bertanda “hypoallergenic” bukan bermakna Sang Kecil pasti terlepas dari alergi. Tetapi sekurang-kurangnya, peluangnya makin lebih kecil.
4. Aman untuk cradle cap
Cradle cap atau kerak kepala ialah keadaan yang diikuti dengan timbulnya sisik warna kuning di kulit kepala atau di seputar telinga, alis, kelopak mata, dan ketiak bayi. Keadaan ini umumnya akan raib sendiri dalam beberapa minggu.
Tetapi bila cradle cap tidak juga raib atau susah dibikin bersih, Bunda bisa membersihkannya dengan shampo bayi memiliki bahan halus dan bebas dari beberapa bahan iritatif, seperti minyak wangi atau bahan warna.