Penyebab Kanker Serviks dan Faktor Risiko yang Perlu Diketahui

Penyebab Kanker Serviks feksi human papillomavirus (HPV)
Sebagian besar kasus kanker serviks disebabkan karena infeksi virus HPV. Virus ini bisa mengontaminasi beberapa sel di atas kulit dan alat kelamin, anus, dan mulut dan kerongkongan. Seorang wanita bisa terkena HPV dari sikap sex beresiko. Misalkan kerap bertukar pasangan seksual semenjak umur muda, atau berhubungan seksual tanpa kondom.

2. Menanggung derita penyakit menyebar seksual
Beberapa riset memperlihatkan jika resiko kanker serviks semakin tinggi dirasakan wanita yang pernah menanggung derita penyakit menyebar seksual, seperti kutil kelamin, klamidia, gonore, dan sifilis. Penyebab Kanker Serviks
Wanita yang lagi menanggung derita penyakit menyebar seksual mempunyai resiko tinggi untuk terserang kanker serviks. Ini sebab infeksi HPV dapat tampil bertepatan dengan penyakit menyebar seksual.
3. Gaya hidup kurang sehat
Wanita dengan berat tubuh berlebihan dan jarang-jarang konsumsi buah dan sayur diperhitungkan beresiko tinggi terserang kanker serviks. Resiko ini akan makin bertambah bila wanita itu mempunyai rutinitas merokok.
Zat kimia pada tembakau dipercaya bisa menghancurkan sel DNA dan mengakibatkan kanker serviks. Tidak itu saja, merokok membuat mekanisme ketahanan tubuh jadi lebih kurang kuat, hingga kurang efisien dalam menantang infeksi HPV.
Wanita yang ketahanan badannya menurun, misalkan sebab HIV/AIDS atau jalani penyembuhan untuk mendesak ketahanan badan, seperti penyembuhan kanker dan penyakit autoimun, lebih beresiko untuk terkena HPV yang disebut pemicu kanker serviks.
Beberapa riset memperlihatkan jika pemakaian kontrasepsi oral (pil KB) dalam waktu lama bisa tingkatkan resiko kanker serviks. Sebagai pilihan yang lebih aman untuk menahan kanker serviks, pilih sistem kontrasepsi lain, seperti IUD atau KB spiral.