Vagina Robek Saat Persalinan Ini yang Perlu Anda Ketahui

Vagina Robek Saat Pengatasan robekan vagina saat bersalin akan disamakan dengan tingkat keparahan robekan dan keadaan pasien. Untuk robekan enteng, cedera umumnya bisa lebih baik sendirinya.

Bila cukup kronis (robekan derajat dua atau lebih), robekan pada vagina perlu diatasi dengan penjahitan. Saat sebelum cedera dijahit, dokter akan memberi obat bius lokal untuk kurangi ngilu. Vagina Robek Saat

Sesudah robekan dijahit, dokter umumnya menyarankan pasien untuk mengompres sisa jahitan dengan es yang dibuntel kain. Bila jahitan memunculkan merasa sakit atau mungkin tidak nyaman, dokter akan memberi resep obat penurun ngilu.
Menjaga Sisa Robekan
Sesudah melahirkan dan alami robekan pada vagina, Bunda barangkali rasakan beberapa keluh kesah, seperti ngilu, pendarahan dan bengkak pada vagina.
Walau begitu, efek itu dapat dikurangi dengan lakukan beberapa perawatan simpel di bawah ini:
1. Istirahat
Memang tidak gampang memperoleh beristirahat cukup saat baru mempunyai bayi, walau sebenarnya istirahat adalah peristiwa di mana badan dengan alamiah lakukan pemulihan. Tetapi, istirahat tidak selalu bermakna tidur. Menghindar rutinitas berat minimal sepanjang dua minggu sesudah melahirkan cukup menolong proses pemulihan.
2. Menjaga kebersihan cedera jahitan
Jaga kebersihan cedera jahitan pasti perlu diprioritaskan. Bila kebersihannya tidak terbangun, cedera itu kemungkinan semakin lama pulih atau malah lebih buruk dan memunculkan permasalahan baru, seperti infeksi.
Untuk jaga cedera jahitan masih bersih, dokter umumnya akan merekomendasikan Bunda untuk bersihkan cedera jahitan sama air hangat tiap beberapa saat, khususnya sesudah buang air kecil (BAK) dan bab (BAB).
3. Minum obat pencahar
Sembelit sesudah melahirkan bisa membuat Bunda harus mengejan saat BAB. Ini bisa memunculkan ngilu pada posisi jahitan. Untuk menahan hal itu, coba memperbanyak minum air putih dan makanan yang memiliki kandungan serat untuk memperlancar pencernaan dan BAB.
Bila perlu, dokter bisa memberi resep obat pencahar supaya Bunda tak perlu mengejan dengan keras saat bab.
4. Berikan kompres es
Untuk kurangi bengkak dan ngilu, coba mengompres tempat yang memiliki masalah dengan es batu yang dibuntel kain. Kerjakan pengompresan minimal sepanjang 10-20 menit.
Sedapat mungkin jauhi mengompres tempat yang memiliki masalah lebih dari 20 menit, sebab bisa menghancurkan saraf yang ada di seputar tempat itu.
Dalam babak pemulihan, pasti ada banyak hal yang penting dijauhi sebab bisa menghalangi penyembuhan cedera jahitan pada vagina yang robek. Banyak hal yang penting dijauhi ini ialah: