Waspadai Stres Mata Akibat Pemakaian Gadget dan Laptop

Waspadai Stres Mata Umumnya, mata berkedip seputar 15 kali per menit. Tetapi saat diminta untuk konsentrasi dan memandang suatu hal dalam saat yang kelamaan, ditambah memandang monitor digital, mata cuman akan berkedip seputar 5-7 kali dalam per menit.

Walau sebenarnya, proses berkedip benar-benar diperlukan oleh mata, sebab berperan untuk bersihkan partikel debu yang masuk di mata dan melembapkan permukaan bola mata. Waspadai Stres Mata

Kelamaan menyopir, membaca, menulis, dan memandang monitor computer dan handphone yang lain adalah beberapa aktivitas yang dapat mengakibatkan Anda alami mata capek dan berbuntut pada depresi mata. Apa lagi jika tidak disokong dengan penerangan yang bagus.
Depresi mata bisa membuat mata berasa kering, ngilu, berair, perih, panas, dan gatal, bahkan juga dapat membuat mata jadi lebih peka pada sinar atau gampang silau. Disamping itu, depresi mata juga bisa dibarengi dengan pandangan ganda atau kabur.
Tehnik Rileksasi Mata untuk Menangani Depresi Mata
Walau jarang-jarang memunculkan kerusakan pada mata, depresi mata dapat mengusik rutinitas. Untuk menanganinya, ada banyak panduan yang dapat Anda kerjakan supaya mata lebih santai saat melakukan aktivitas dan tidak gampang capek, yakni:
1. Mengatur jarak
Yakinkan jarak monitor netbook, computer, handphone, atau buku minimal 60 cm dari mata.
2. Pakai filter monitor
Tambah filter pada monitor netbook atau computer, supaya mata tidak begitu lama terkena cahaya biru yang dapat mengakibatkan depresi mata.
3. Istirahatkan mata
Bila melakukan pekerjaan di muka computer, alihkan penglihatan Anda setiap 20 menit ke object yang lain jaraknya jauh. Lihat object itu sepanjang 20 detik, lalu teruskan pekerjaan. Seterusnya, tiap dua jam sekali, istirahatkan mata Anda sepanjang 15 menit.
4. Mengatur penerangan
Bila sinar monitor netbook, computer, atau handphone semakin lebih jelas dibanding sinar di ruang, karena itu mata akan bekerja lebih keras untuk menyaksikan. Karena itu, yakinkan ruangan kerja atau kamar Anda mempunyai penerangan yang cukup buat melakukan aktivitas, tidak begitu jelas atau gelap.
5. Terlepas lensa contact
Bila Anda memakai lensa contact, beri mata Anda waktu untuk istirahat dengan kadang-kadang menggunakan kacamata. Disamping itu, tidak boleh pakai lensa contact saat tidur dan rutinlah mengubahnya yang baru.
Kecuali lakukan beberapa cara di atas, Anda dapat membersihkan mata untuk menurunkan iritasi karena depresi mata. Berikut beberapa langkah membersihkan mata: