Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Cara Menjaga Kesehatan Bila ada masalah pada beberapa bagian itu, karena itu mekanisme reproduksi wanita bisa alami masalah. Ini bisa berpengaruh pada timbulnya masalah seksual sampai susah untuk hamil.

Tips-Tips dalam Jaga Kesehatan Reproduksi Wanita
Ingat keutamaan peranan organ reproduksi untuk wanita, seharusnya kesehatannya dijaga secara baik. Karena itu, beberapa panduan di bawah ini dapat dilaksanakan untuk mempertahankan kesehatan reproduksi wanita: Cara Menjaga Kesehatan

1. Membersihkan organ intim secara benar
Langkah bersihkan vagina yang betul dengan membasuhnya dari depan ke belakang (dari arah vagina ke arah anus), khususnya sesudah buang air kecil dan besar. Bila dibikin bersih dengan tidak pas, kuman dari anus dapat terikut ke arah vagina. Ini dapat memunculkan infeksi pada vagina.
Disamping itu, dianjurkan tidak untuk memakai sabun khusus kewanitaan yang beralkohol, pewangi, atau antiseptik. Sabun tipe itu bisa mengakibatkan iritasi dan membunuh bakteri normal di vagina.
2. Mengonsumsi makanan sehat
Makanlah makanan bergizi serta sehat imbang supaya badan memperoleh energi dan gizi yang diperlukan untuk mendukung kesehatan organ reproduksi.
Beberapa konsumsi gizi yang perlu untuk kesehatan reproduksi wanita ialah protein, lemak sehat, anti-oksidan, serat, dan mineral dan vitamin, seperti selenium, folat, zat besi, dan zinc. Nutrisi-nutrisi itu dapat didapat dari buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, susu, telur, daging, dan ikan.
Disamping itu, jauhi mengonsumsi makanan cepat sajian dan penuhi keperluan cairan badan dengan konsumsi seputar 8 gelas air setiap hari. Bila Anda senang konsumsi cafein, awasi supaya tidak melewati 2 cangkir kopi setiap hari.
3. Urus depresi
Depresi terlalu berlebih bisa berpengaruh pada stres, masalah kuatir, sampai masalah kesuburan. Karena itu, penting untuk kurangi depresi supaya tidak berpengaruh selanjutnya pada kesehatan reproduksi.
Bila Anda kerap berasa depresi, coba kerjakan rileksasi atau beberapa hal yang membuat Anda suka. Misalkan, jalanan, olahraga, atau coba pijatan, atau yoga.
4. Menjaga berat tubuh
Jaga supaya berat tubuh masih bagus atau sesuai index massa badan (IMT). Berat tubuh berlebihan (kegemukan) atau malah begitu rendah bisa mengusik ovulasi dan produksi hormon yang mengendalikan kesuburan seorang wanita.
5. Kerjakan rutinitas sehat yang lain
Mempraktikkan rutinitas setiap hari berikut di bawah ini punya pengaruh besar pada kesehatan reproduksi wanita: