Jenis Retainer Gigi dan Cara Membersihkannya

Jenis Retainer Gigi Disamping itu, retainer gigi berperan untuk rapatkan gigi yang renggang atau bercelah, membenahi status dan wujud rahang, sampai membenahi rutinitas jelek, seperti gemeretak gigi.

Bila Anda memutus ingin memakai retainer gigi, kenali dahulu tipe dan bedanya. Jenis Retainer Gigi
Mengenali Dua Tipe Retainer Gigi
Ada dua tipe retainer gigi, yaitu retainer removable yang dapat dilepas-pasang sendiri dan retainer tetap. Ke-2 nya mempunyai kekurangan dan keunggulannya semasing. Berikut penuturannya:
Retainer gigi removable
Ini adalah tipe retainer yang relatif gampang didapat serta lebih mudah dibikin bersih. Anda dapat melepasnya saat makan, olahraga, atau menyikat gigi.
Disebutkan retainer kawat sebab dibuat dari kawat logam tipis dan akrilik. Retainer Hawley mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya kawatnya bisa disamakan dengan keadaan gigi, tahan
lama sepanjang dipakai dan dirawat secara benar, dapat diperbarui bila hancur, dan cukup nyaman saat dipakai.
Sedang kekurangannya ialah bisa mempengaruhi langkah berbicara penggunanya, nampak terang saat bicara atau tersenyum, dan
membuat iritasi bibir atau pipi saat penggunaan awalnya.
Retainer plastik terbuka
Retainer ini disebutkan retainer cetakan. Untuk bikin retainer ini, perlu dilaksanakan pembuatan gigi lebih dulu supaya memiliki bentuk sesuai status dan lengkung gigi pasien.
Beberapa kelebihan retainer gigi ini ialah lebih tipis, semakin nyaman
digunakan, tidak mempengaruhi langkah berbicara, dan nyaris tidak nampak sebab warna bening.
Sayang retainer ini tidak bisa diperbarui bila retak atau pecah, bisa
berbeda wujud bila terserang panas, dan bisa berbeda warna seiring waktu berjalan.
Retainer gigi tetap dibuat dari kawat tebal yang dibuat demikian rupa untuk sesuaikan wujud gigi yang telah rapi. Kawat itu selanjutnya ditempel pada gigi seri supaya tidak bergerak. Penempatan retainer ini harus dilaksanakan oleh dokter gigi.
Retainer gigi tetap terpasang pada gigi yang rawan berubah kembali,
atau pada pasien yang susah untuk mengikut panduan pemakaian retainer removable, misalkan anak kecil.
Sedang untuk bersihkan retainer tetap, Anda dapat lakukan flossing dengan benang gigi, seperti Anda bersihkan antara gigi. Bila Anda berasa kesusahan, tidak boleh sangsi minta kontribusi dokter gigi untuk membantu Anda.