Kenali Perbedaan Mata Ikan Kutil dan Kapalan serta Cara Mengatasinya

Kenali Perbedaan Mata Walau nampak serupa, mata ikan, kutil, dan kapalan ialah tiga penyakit yang lain. Berikut pemicu dan pertanda yang membandingkan ke-3 keadaan ini:

Mata ikan
Mata ikan ialah penebalan di kulit yang disebabkan karena gesekan atau penekanan di tempat kulit yang serupa secara berkali-kali. Kenali Perbedaan Mata

Banyak hal yang bisa memacu keadaan ini ialah kenakan sepatu yang begitu sempit, kenakan sepatu tanpa kaos kaki, dan beraktivitas atau olahraga yang memberi penekanan pada tempat kulit tertentu.

Mata ikan diikuti dengan timbulnya penebalan atau tonjolan di kulit, misalkan di kaki. Penebalan ini akan berasa sakit saat didesak atau saat memakai sepatu. Penebalan dan tonjolan pada mata ikan mempunyai pokok yang dikitari sisi yang menebal. Bila teriritasi, mata ikan dapat warna merah dan berasa panas.

Kapalan
Pemicu kapalan sesungguhnya hampir serupa dengan mata ikan, yakni sebab gesekan atau penekanan di kulit yang terjadi berkali-kali dalam waktu yang lama. Namun, ukuran kapalan benar-benar beragam dan biasanya semakin besar dibanding mata ikan.

Tempat timbulnya kapalan luas, bukan hanya di telapak kaki, tetapi bisa juga di bawah tumit, bahkan juga di telapak tangan. Disamping itu, kapalan tidak memunculkan ngilu dan kerap dibarengi dengan kulit yang kering atau pecah-pecah.

Kutil
Berlainan dengan mata ikan dan kapalan, kutil adalah tonjolan di kulit yang disebabkan karena infeksi virus human papillomavirus (HPV). Ada bermacam tipe virus HPV yang dapat serang kulit dibagian badan mana juga.

Kutil bisa Anda ketahui dari ada tonjolan kecil, keras, dan kasar di atas kulit. Umumnya kutil yang ada di kulit warna cukup putih, merah muda, atau kecokelatan.

Langkah Hilangkan Kutil, Kapalan, dan Mata Ikan
Ke-3 keadaan ini bisa memunculkan merasa tidak nyaman, hingga seharusnya pengatasan dilaksanakan semenjak keluh kesah tampil, diantaranya dengan menghindar beberapa hal yang bisa memacu dan jadi parah keluh kesah.

Cara-cara yang bisa dilaksanakan ialah memakai alas kaki yang nyaman, menghindar pemakaian alas kaki yang begitu ketat, memakai kaus kaki sama ukuran yang cocok, dan pilih kaus kaki dengan bahan yang nyaman untuk kurangi gesekan kaki dengan sepatu.
Bila Anda mempunyai pekerjaan atau rutinitas yang banyak memakai anggota badan tertentu, seperti tangan atau kaki, yang berpeluang terjadinya penekanan berulang-ulang, pakailah perlindungan hingga sisi itu tidak alami gesekan atau penekanan terus-terusan.