Tips agar Anak Tetap Nyaman saat Beraktivitas di Cuaca Panas

Tips agar Anak Tetap Membuat perlindungan anak saat cuaca panas, batasanilah rutinitas anak di luar ruang saat cahaya matahari sedang terik, yakni pada jam 10.00-15.00. Disamping itu, kerjakan cara-cara di bawah ini untuk bikin Sang Kecil masih nyaman melakukan aktivitas saat cuaca panas:

1. Berikan cream tirai surya (sunscreen)
Berikan cream tirai surya untuk jaga anak supaya masih nyaman di cuaca panas. Memoleskan cream tirai surya berguna membuat perlindungan anak dari cahaya matahari. Supaya hasilnya optimal, berikan cream tirai surya dengan SPF 15 ataupun lebih, seputar 30 menit saat sebelum Sang Kecil melakukan aktivitas di luar ruang. Tips agar Anak Tetap
Jika memungkinkannya, ulangi pemakaian cream tirai surya tiap dua jam atau sesudah anak berkeringat. Kecuali cream tirai surya, Bunda dianjurkan untuk memberi topi dan kacamata untuk melindunginya dari pancaran cahaya matahari.
2.Pakai losion antinyamuk
Kecuali sunscreen, berikan losion antinyamuk di kulit anak. Ini berguna untuk menahan Sang Kecil terserang gigitan nyamuk atau serangga. Bunda dianjurkan untuk pilih losion antinyamuk yang memiliki kandungan DEET atau picaridin.
Tidak boleh memoleskan losion antinyamuk di wajah, tangan, dan tempat yang gampang dijilat oleh anak, supaya losion antinyamuk tidak tertelan.
Jika memungkinkannya, Bunda bisa juga memberi Sang Kecil baju berlengan panjang dan celana panjang dengan bahan yang nyaman untuk menahan gigitan nyamuk atau serangga.
3.Penuhi keperluan cairan
Dehidrasi rawan terjadi saat anak bermain atau melakukan aktivitas di cuaca panas. Untuk menghindarinya, Bunda dianjurkan untuk mencukupkan keperluan cairan Sang Kecil. Bunda disarankan untuk memberi Sang Kecil air putih saat sebelum melakukan aktivitas dan tiap 20 menit sekali saat anak melakukan aktivitas.
Bunda perlu memperhatikan keadaan anak di cuaca panas. Bila menyaksikan Sang Kecil kecapekan, kehausan, dan lemas, Bunda dianjurkan untuk selekasnya ajak Sang Kecil ke lokasi yang lebih sejuk dan memberi cairan ke anak.
4. Persiapkan kotak bantuan pertama pada kecelakaan (P3K)
Bunda perlu mempersiapkan kotak P3K. Isikan kotak P3K dengan plester, kasa, gel anti bakteri, waslap, salep antibiotik, cream hydrocortisone, dan termometer.
Beberapa panduan yang diuraikan di atas dapat Bunda coba supaya Sang Kecil masih nyaman saat melakukan aktivitas di cuaca panas. Bila anak nampak tidak nyaman, kurang sehat, atau alami keluh kesah kesehatan sesudah melakukan aktivitas di cuaca panas, selekasnya membawa ke dokter untuk memperoleh pengatasan.